Anatomi Kepala Kita

Bersiaplah untuk menggambar kepala kita. Anda lihat nanti bahwa menggambar kepala manusia tidaklah sulit amat jika kita mengenali susunan kepala kita. Jika Anda mengamati sebuah kepala (misalnya kepala anak Anda atau kekasih Anda barangkali….) secara  sepintas, kepala kita berbentuk seperti telur. Dan jika kita amati lebih dekat, sebenarnya kepala kita terdiri dari dua bagian yang terpisah. Bagian pertama adalah tengkorak yang merupakan bagian atas atau belakang  kepala. Bagian kedua adalah wajah yang terletak di bawah tempurung kepala sampai ke bagian depan kepala. Nah, jika ada kesulitan, disinilah letak kesulitan menggambar kepala manusia karena pembagian ini. Ketika kita menggambar wajah perlu disesuaikan dengan bagian tempurung kepalanya.

Bagi para pemula merupakan suatu kesulitan tersendiri ketika menggambar seluruh kepala karena mereka tertarik dengan fitur wajah tertentu sehingga mereka kehilangan gambaran secara keseluruhan dari kepala tersebut. Fitur-fitur yang dimiliki oleh sebuah kepala manusia secara keseluruhan membuat setiap kepala menjadi unik. Fokus pada kepala itu sendiri adalah hal yang penting. Jika anda tidak melihat fitur dalam kaitannya dengan seluruh kepala, hal ini seperti ketika Anda diminta untuk mengenali ekor gajah saat mata Anda ditutup. Masing-masing fitur memiliki tujuan estetika dan fungsinya hanya ketika fitur tersebut digambar secara tepat di lokasi dalam kaitannya dengan seluruh kepala. Bingung? Intinya, gambarlah seluruh bagian kepala apa adanya meskipun dalam pendapat Anda barangkali hidung kepala tersebut agak miring, atau matanya terlalu besar…:-)

Saya punya persamaan untuk menggambarkan situasi diatas. Begini, bayangkan kepala sebagai bola dunia atau globe (di toko buku gramedia ada…hihi). Jika Anda ingin mengetahui di mana lokasi yang tepat untuk menggambar sebuah tanda pusat gempa (katakanlah ini mewakili fitur wajah, … hidung misalnya), maka  Anda sebaiknya dapat menemukan lokasi yang tepat dari pusat bola dunia sebelum membuat tanda itu. Tanpa mengetahui di mana mau menempatkan tanda yang berhubungan dengan tepi luar dan ukuran besar bola  dunia, upaya Anda untuk menggambar tanda pusat gempa niscaya akan lebih sulit.

Pandangan Kepala dari Depan

Ingatlah struktur dasar berikut beserta tips dalam pikiran Anda saat menggambar kepala dari pandangan depan:

  • Anda secara kasar dapat membagi kepala secara vertikal menjadi tiga bagian.
  •  Idealnya, kedua sisi wajah simetris.
  •  Luas dahi mengambil bagian besar kepala (sekitar 1/3 dari seluruh kepala).
  •  Bagian atas kepala lebih lebar dari bagian bawah (rahang) kepala.
  •  Bagian atas kepala memiliki benjolan sedikit.
  •  Tergantung pada membangun gambar, garis leher di setiap sisi terhubung di belakang telinga (sebagai lawan berada di depan kedua telinga).
  •  Mata lebih kecil dan lebih melebar jarak antaranya dibandingkan anggaspasi keluar dari kebanyakan orang awalnya menganggap

Jika kepala dilihat dari depan maka akan tampak seperti gambar dibawah ini:
anatomi kepala kita

Pandangan Tiga Perempat Kepala

Berikutnya adalah pandangan tiga perempat terhadap kepala. Ini adalah bidang sisi kepala yang meliputi telinga yang terlihat sebagian. Ingatlah beberapa hal mendasar dibawah ini pada saat membuat gambar tiga perempat kepala:

  • Fitur pada setengah dari wajah yang lebih jauh sedikit lebih sempit daripada fitur yang lebih dekat
  • Bagian atas telinga sedikit lebih rendah dari alis
  • Sisi kiri leher sejajar dengan tepi luar mata kiri
  • Tepi belakang leher menonjol keluar dari bawah kuping telinga
  • Bagian belakang tempurung kepala menjorok jauh di luar garis tepi leher dan telinga (kesalahan umum yang dilakukan adalah menyelaraskan leher dengan ujung tempurung kepala).

Berikut gambar kepala dengan pandangan tiga perempat:

pandangan tiga perempat anatomi kepala

Pandangan Samping Kepala

Gambar kepala dari pandangan samping ini sangat menyenangkan untuk digambar. Kita tidak perlu khawatir tentang keseimbangan simetris dengan sisi lain dari wajah. Namun begitu, umumnya kita mengabaikan hal-hal berikut ini ketika menggambar kepala dari samping:

  • Profil keseluruhan jauh lebih lebar dari pandangan depan (lihat bagian sebelumnya)
  • Bagian depan wajah miring dengan sudut tertentu
  • Bagian belakang kepala selebar bagian depan kepala
  • Bagian telinga terletak pada suatu sudut sepanjang garis tulang rahang
  • Leher membentuk sudut tertentu ketika sosok itu berdiri tegak
  • Posisi bagian bawah hidung kurang lebih sama dengan bagian bawah belakang kepala Secara keseluruhan fitur membentuk pola segitiga.

Ini gambar kepala dilihat dari samping:
pandangan samping anatomi kepala

Pandangan Belakang Kepala

Pandangan terhadap kepala dari belakang ini yang mungkin sering diabaikan. Kita beranggapan bahwa jika kepala menghadap ke arah lain, kita hanya perlu menggambar sekumpulan rambut untuk menutupi bagian belakang kepala. Sebenarnya ada beberapa fitur penting yang unik dari pandangan belakang kepada kepala ini:

  • Bagian belakang kepala adalah sekitar 2/3 dari ketinggian vertikal dari seluruh kepala
  • Leher muncul dari bawah bagian belakang tulang kuduk
  • Tergantung pemilik kepala, tulang rahang dapat terlihat
  • Bagian atas kepala memiliki benjolan sedikit

pandangan belakang anatomi kepala

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: